Tips Menyambut Kedatangan Bulan Ramadhan

Hai Bunda..

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah hampir tiba. Saatnya Bunda dan keluarga mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut kedatangannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan bersama keluarga untuk menyambut bulan Ramadhan:

Menciptakan Suasana Ramadhan

Bunda bisa membuat target ibadah Ramadhan, misalnya berapa lembar yang akan dibaca, atau memberikan iming-iming pada anak-anak berupa hadiah bagi yang bisa menamatkan Al Qur’an. Kegiatan ini bisa menambah semangat dalam membaca Al Qur’an selama bulan Ramadhan. Bunda bisa memberikan hadiah yang bernilai edukatif.

Mempersiapkan Peralatan Ibadah

Karena kesibukan dan aktifitas sehari-hari, terkadang kita lupa unutk mempersiapkan peralatan ibadah menjelang bulan Ramadhan. Maka, sebaiknya Bunda sejak jauh-jauh hari mempersiapkan alat-alat ibadah untuk keluarga sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan. Sajadah, mukena, sarung, pecis dan gamis perlu dicuci agar bersih dan wangi. Sehingga, membuat kita bersemangat dalam beribadah. Selain itu, agar dalam beribadah kita akan nyaman jika peralatan ibadah kita bersih.

Mempersiapkan Program Ramadhan

Kegiatan positif yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan banyak sekali. Misalnya, buka puasa bersama dengan keluarga, pesantren kilat, silaturahmi ke saudara-saudara, sedekah, dan lain-lain.

Belajar Tentang Ramadhan (fiqh siam)

Tujuannya, agar kita bisa melaksanakan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan sesuai tuntunan dan ajaran Rasulullah SAW.

Perbanyak Sedekah

Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan saat bulan Ramadhan. Momentum bulan Ramadhan merupakan saat yang paling tepat untuk bersedekah.

Memperbanyak Amalan di Bulan Ramadhan

Semangat untuk beribadah di bulan Ramadhan harus selalu ditingkatkan. Bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Terlebih pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

Persiapkan Anak-anak untuk Ibadah di Bulan Ramadhan

Sejak dini anak-anak perlu mengenal arti kata puasa. Sedangkan untuk memulai berpuasa, sebaiknya Bunda memperhatikan kemampuan masing-masing anak, karena kemapuan tiap anak tidak sama. Biasanya usia 6 – 9 tahun mereka sudah bisa berlatih melaksanakan puasa. Bunda juga bisa memberikan iming-iming berupa hadiah lebaran agar anak-anak mau berpuasa.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan akan nyaman dan khusyuk.

Selamat mempersiapkan semuanya ya Bundaa… :)