Tips Memilih Mainan Anak: Edukatif dan Aman

Hai Bunda..

Senangnya bermain dengan si kecil. Waktu jadi terasa sangat cepat ya Bunda.. Permainan apa yang sering Bunda lakukan dengan si kecil? Apakah manfaat yang bisa diambil dari permainan yang Bunda dan si kecil lakukan?

Dunia Anak adalah Dunia Bermain

Dengan bermain, si anak akan mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki. Baik kemampuan motorik, psikomotor maupun kognitifnya. Perkembangan kemampuan anak-anak akan sangat terlihat saat ia sedang memasuki masa emasnya. Saat-saat ini sangat penting bagi anak untuk belajar mengenal lingkungan sekitarnya melalui permainan.

Pilih Mainan Edukatif Anak

Bunda perlu memberikan permainan yang mendidik atau edukatif untuk anak. Tidak hanya sekedar bermain, Bunda perlu memperhatikan manfaat yang bisa diperoleh sang anak saat ia bermain. Faktor keamanan permainan yang diberikan tidak boleh dilupakan.

Spesifikasi Mainan Anak yang Aman:

  1. – Apakah bentuk mainan itu memiliki ujung yang dapat melukai anak?
  2. – Apakah mudah tertelan si kecil? Jika iya, maka Bunda perlu menyingkirkan mainan tersebut.
  3. – Apakah bahan dan cat yang digunakan aman (non toxic) atau tidak?
  4. – Apakah mainan tersebut sudah ber-standar SNI?

Masih banyak lagi faktor keamanan lain yang Bunda harus perhatikan saat memberikan mainan kepada si kecil. Berikan yang terbaik untuk mereka ya Bunda.. :)

Permainan edukatif membantu tumbuh kembang si anak dan merupakan bekalnya esok saat ia sudah dewasa.

Anak Sholeh Adalah Aset Kita Sesungguhnya

Banyak orang tua yang mendepositokan hartanya. Menumpuk kekayaan sebanyak-banyaknya dengan alasan sebagai simpanan masa depan. Padahal sebaik-baik simpanan masa depan adalah anak yang sholeh, yang akan terus mendoakannya saat dia ada atau telah tiada.

Ingat anak sholeh itu kata Nabi, apabila orang tuanya meninggal, tatkala ia berdoa mohon ampunan untuk orang tuanya, Allah tidak menghijab (terhalang) doanya. Anak sholeh berdoa, pasti Allah kabulkan.

Rasulullah SAW bersabda dalam Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim yang artinya:

“Jika seorang manusia mati, terputus darinya ‘amalnya kecuali dari 3 (perkara) : Shodaqoh jariyah, atau ‘ilmu yang bermanfa’at, atau anak sholeh yang berdo’a baginya”.

Sebagai orangtua, kita harus melakukan persiapan sedini mungkin. Mulai dari aset paling berharga dirumah: anak kita. Sejak balita, kita biasakan putra-putri kita untuk mengikuti perintah Allah SWT. Dan salah satu perintah-Nya adalah agar mengenakan jilbab. Sesuai dengan QS Al Ahzab ayat 59.

Sehingga, nantinya saat sudah dewasa, si kecil sudah tidak lagi asing untuk berjilbab. :)