Tips di Hari Raya Idul Fitri

Tips di Hari Raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri merupakan saat-saat yang tepat untuk berkumpul bagi keluarga. Bunda dapat mempersiapkan segala sesuatu untuk meyambut hari raya ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan agar hari raya terasa menyenangkan.

Persiapan Shalat Ied

Alat sholat dan keperluan lain untuk melaksanakan sholat Ied sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sebelum hari-H. Anak-anak juga sebaiknya sudah siap untuk berangkat sekitar setengah jam sebelum sholat Ied dimulai.

Pakaian

Pakaian yag dikenakan tidak harus mahal dan mewah. Yang terpenting adalah bersih, rapi dan sesuai dengan tuntunan atau syar’ Berlebaran bukanlah ajang untuk pamer pakaian dan harta.

Budaya Meminta Maaf

Budaya ini bukan berarti bahwa untuk meminta maaf harus menunggu saat lebaran tiba. Tidak berarti hanya berlaku setahun sekali. Akan tetapi bagi penduduk Indonesia, momen ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu untuk bertemu sanak keluarga dan meminta maaf atas segala kesalahan yang diperbuat. Kegiatan ini tidak dilarang dalam Islam. Begitu juga ketika seorang istri meminta maaf kepada suaminya serta kerabat-kerabatnya.

Mengucapkan Selamat

Mengucapkan kalimat “Taqabalallahu minna wa minkum” yang artinya : Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian. Kalimat ini diucapkan kepada orang-orang yang dijumpai. Al-Hafidz (Ibnu Hajar) berkata tentang riwayat ini, “Sanadnya hasan”. Untuk jawabannya, tidak ada keterangan yang shahih bahwa jawabannya adalah “Taqabal yaa kariim“. Bisa menjawab seperti ucapan pertama tadi. Sedangkan ucapan “minal adzin wal faidzin” yang sangat membudaya ternyata juga tidak ada tuntunannya dalam syariat.

Menyambut Tamu

Sebagai tuan rumah, kita harus menata dan mempersiapkan kondisi fisik rumah kita sebaik dan seindah mungkin. Dan yang paling penting adalah, kita harus membersihkan rumah kita.

Itulah tadi beberpa tips yag bisa Bunda lakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat :)