Senam Nifas Pasca Melahirkan

Senam Nifas Pasca Melahirkan. Minimal 6 jam atau sehari setelah melahirkan, bunda akan dipandu untuk melakukan senam nifas. Dengan catatan, tidak ada komplikasi saat proses melahirkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa bunda peroleh setelah melakukan senam nifas :

  1. Mengembalikan Rahim pada posisi semula
  2. Memperbaiki elastisitas otot-otot yang telah mulai mengendur
  3. Meningkatkan gairah hidup
  4. Mencegah kesulitan BAB / BAK
  5. Memperlancar keluarnya ASI
  6. Memperlancar sirkulasi darah
  7. Mengembalikan kerampingan
  8. Mencegah varises

Gerakan senam ini akan selalu meningkat (bertahap), dari gerakan yang sederhana hingga gerakan yang membutuhkan olah badan yang banyak. Hal ini disesuaikan dengan kondisi fisik bunda yang baru melahirkan dan dalam kondisi yang lemah. Pleh karena itu, gerakan hari pertama tampak paling sederhana diantara gerakan hari kedua dan ketiga.

Senam Nifas Hari Pertama

  1. Sikap tidur telentang, dengan satu bantal di bawah kepala. Lakukan pernafasan dada 15 kali.
  2. Sikap tidur telentang, dengan satu bantal di bawah kepala. Kaki diangkat, diputar keluar bergantian kanan dan kiri (5 kali).
  3. Sikap tidur telentang, tangan di samping badan, tundukkan kepala, kerutkan pantat sambil kempeskan perut, lepaskan pelan-pelan (5 kali).

Senam Nifas Hari Kedua

Latihan hari pertama diulang, kemudian ditambah :

  1. Sikap badan tidur telentang, anggukkan kepala sampai dagu menempel ke dada (5 kali).
  2. Sikap badan tidur telentang, tekuk lutut setengah tinggi, lalu luruskan. Lakukan secara bergantian kiri dan kanan (5 kali).
  3. Tidur telentang, kedua lutut ditekuk setengah tinggi, paha menempel satu sama lain, rebahkan kedua lutut ke samping kiri, kembali ke tengah. Lanjutkan engan merebahkan paha ke kanan lalu kembali ke tengah. Pertahankan posisi bahu tetap menempel di kasur (5 kali).
  4. Sikap duduk atau berdiri. Kedua tangan saling berpegangan pada lengan bawah siku. Kedua tangan mendorong lengan kea rah siku, sampai otot dada terasa tertarik. Lakukan hingga lima hitungan kemudian lepaskan (15 kali).

Senam Nifas Hari Ketiga

Latihan hari kedua diulang, ditambah :

Tidur telentang dengan kedua lutut dan tangan lurus di atas kepala. Ayunkan kedua tangan ke depan sambil mengangkat kepala dan bahu.

Selamat atas kelahiran si kecil. Semoga Bunda dan si kecil sehat selalu ya.. :)

 

Sumber : Panduan Terlengkap Pasca Melahirkan