PHBS: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pentingnya Mendidik Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Sejak Dini.

Merangsang anak untuk hidup bersih bisa dimulai sejak dini. Bunda bisa membiasakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan agar membuat si kecil mau melakukannya.

Mulai Dari Hal Kecil

Kegiatan paling sederhana yang bisa dilakukan adalah membiasakan si batita untuk membuang sampah pada tempatnya, mandi dua kali sehari secara teratur, menyikat gigi minimal dua kali sehari secara teratur, membereskan mainan-mainannya setelah selesai digunakan, dan lain-lain.

Bunda bisa menyesuaikan kegiatan belajar ini dengan kemampuan si kecil. Ketika ia sudah bertambah umurnya, Bunda bisa menambah tugasnya. Misalnya mencuci piring, menyapu, membersihkan kamarnya sendiri, dan lain-lain.

Pola hidup bersih dan sehat membentuk karakter yang baik pada anak. Pola ini adalah tindakan yang baik untuk mencegah adanya penyakit pada anak-anak. Selain itu, juga mengajarkan mereka untuk melindungi diri dari ancaman penyakit.

Apa itu PHBS?

Perilaku bersih dan sehat harus diterapkan dimana-mana. Program ini disebut dengan PHBS, yaitu singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sudah sejak lama dicanangkan oleh pemerintah. Tetapi pada kenyataannya, masih sangat jauh dari harapan.

Buktinya, masih sangat banyak kota-kota besar di Indonesia, yang notabene memiliki penduduk berpendidikan, kurang menyadari perilaku hidup bersih dan sehat ini. Akibatnya, banyak muncul penyakit-penyakit seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, dan penyakit-penyakit lain yang diakibatkan oleh perilaku hidup yang tidak sehat.

Perilaku kesehatan ini harus dilakukan dengan kesadaran diri masing-masing individu sehingga tiap anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Setiap rumah tangga diharapkan melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Manfaat PHBS

Manfaat dari PHBS ini sangatlah banyak, diantaranya adalah : setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga giat bekerja, dan pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha. Yang pada akhirnya dapat menambah pendapatan keluarga.