Pentingnya ASI untuk Pertumbuhan Anak

Pentingnya ASI

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf…” 

(QS. Al Baqarah : 233)

Seorang bayi ketika dalam kandungan menggantungkan hidupnya pada sang ibu melalui tali pusatnya. Sehingga, sang ibu harus sangat memperhatikan asupan yang dimasukkan ke dalam tubuhnya.

Begitu juga setelah bayi lahir. Sang bayi yang masih rentan sangat tergantung pada pemberian ASI dari sang ibu.

Mengenal ASI Eksklusif

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI maksimal 1 jam setelah ia dilahirkan hingga minimum berusia 6 bulan, tanpa didampingi dengan asupan cairan, seperti susu formula, madu, teh manis, air putih, serta tanpa tambahan makanan yang lain, seperti bubur susu, bubur nasi, pisang, dan lain-lain.

Jadi, bayi hanya mendapatkan ASI dari ibunya, dan jika dalam kondisi terpaksa (sakit), bayi boleh diberikan obat berupa sirop dari dokter.

ASI-lah satu-satunya intake yang dibutuhkan bayi. ASI juga merupakan makanan terbaik karena ‘dirancang’ sesuai dengan cara kerja tahap perkembangan pencernaan bayi. Dengan pemberian ASI eksklusif, bayi akan lebih sehat dan cerdas.

ASI Paling Baik Bagi Bayi

Departemen Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa pemberian ASI eksklusif memang lebih unggul dibandingkan dengan susu formula karena ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang dibutuhkan oleh bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya setelah ia dilahirkan.

Dengan pemberian ASI eksklusif, bayi akan mendapatkan manfaat lebih, antara lain : mernurunkan resiko terjadinya penyait infeksi, misalnya infeksi saluran pencernaan (diare), infeksi saluran pernafasan, dan infeksi telinga.

ASI juga bisa menurunkan dan mencegah terjadinya penyakit noninfeksi seperti : penyakit alergi, obesitas, kurang gizi, asma, dan eksim. Selain itu, ASI dapat pula meningkatkan IQ dan EQ pada anak. Komposisi ASI sangat tepat sesuai dengan kebutuhan bayi.

Apa itu MPASI & Bagaimana Cara Membuatnya?

Sumber : Panduan Terlengkap Pasca Melahirkan