Pendidikan Islam Anak Adalah Tanggung Jawab Besar Setiap Orangtua

Pendidikan Islam Anak

Orangtua adalah pendidik pertama dari anak-anaknya sebelum mereka memasuki lembaga pendidikan lainnya. Keluarga memiliki peranan yang sangat penting untuk mempola dan mengarahkan arah pendidikan anak-anaknya. Rasulullah SAW sebagai figur seorang Nabi mengingatkan akan besarnya tanggungjawab ini, sehingga mengancam para orangtua yang acuh tak acuh terhadap tanggung jawabnya sebagai pendidik bagi anak-anaknya.

Dalam ayat Al Qur’an dan hadits-hadits Nabawi, kita menemukan betapa Islam memeberikan perhatian yang sangat besar terhadap permasalahan keluarga. Ini dimaksudkan agar para pendidik itu menyadari betapa besar dan beratnya tanggungjawab mereka terhadap anak yang menjadi amanah baginya. Diantara ayat yang menyebutkan masalah ini adalah :

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS Thaha : 132)

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..” (QS At Tahrim : 6)

“Allah telah mewasiatkan kepada kalian (tentang pemnagian pusaka) untuk anak-anak kalian..” (QS An Nisa : 11)

Demikian pula hadits-hadits Nabi lainnya :

“Seorang laki-laki adalah pemimpin di dalam keluarganya, dan ia bertanggungjawab atas yang dipimpinnya. Seorang wanita juga menjadi pengasuh di rumah suaminya, dan ia bertanggungjawab atas apa yang diasuhnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Seorang yang mendidik anaknya lebih baik daripada bersedekah dengan satu Sha’.” (HR. Tirmidzi)

“Ajarkanlah kebaikan kepada anak-anak kamu dan keluarga kamu, dan didiklah mereka.” (HR. Abdur Razzaq dalam Mushannaf-nya)

“Didiklah anak-anak kalian pada tiga perkara : mencintai Nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca Al Qur’an.” (HR. Thabrani)

Demikianlah nash-nash yang menunjukkan beratnya tanggung jawab orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Dengan bertumpu pada nash-nash di atas, maka selayaknya orangtua harus memperhatikan apa yang akan diberikan kepada anak-anak penerus generasinya.

(Agenda Sakinah : Panduan Membina Rumah Tangga Bahagia)

Artikel yang berkaitan silakan disimak disini:

Kami JilbabAnak.com berkomitmen untuk membantu para orangtua dalam mendidik anak-anak dalam mengajarkan Islam. Salah satunya adalah mengenalkan penggunaan jilbab sejak dini (silahkan mengubungi CS kami untuk keterangan lebih lanjut). Diharapkan, nantinya anak-anak menjadi generasi penerus yang sholeh dan sholehah. Amiin.. :)