Membina Kepribadian Anak Sejak Dini

Membina Kepribadian Anak Sejak Dini. Pengaruh yang luar biasa dalam masyarakat bisa diperoleh seseorang ketika ia sedari kecil telah dibekali pembinaan dan pendidikan anak yang baik. Hal ini bisa diperoleh seseorang jika ia telah terbina dari seluruh aspek yang ia butuhkan sejak kecil. Kebutuhan lahir dan batin harus dipenuhi. Aspek batin sangat berperan dalam kehidupannya dan merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi.

Masa yang terpenting dalam mendidik dimulai sejak masih anak-anak. Anak-anak lebih mudah menerima informasi dan merekamnya. Ketika masa-masa ini mereka diberikan pendidikan yang baik dan tauladan yang bagus, insyaallah anak akan mendapatkan hasil yang memuaskan pada saat ia sudah dewasa nanti.

Sebaliknya, ketika pendidik berbuat sembrono, tidak mengenalkan kebenaran dan menanamkan kejahatan-kejahatan pada diri anak, maka mereka akan menjadi seperti yag mereka ajarkan. Sehingga, sebagai pendidik kita harus mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendidik anak.

  • Pembinaan yang diberikan kepada anak-anak meliputi :

    1. Pembinaan Akidah

    Penanaman akidah memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga fitrah dan kebersihan jiwa sang anak.

    2. Pembinaan Ibadah

    Pembinaan ibadah merupakan penyempurna dalam pembinaan akidah. Nilai ibadah yang dipeproleh si anak akan menambah keyakinan akan kebenaran ajaran agamanya. Diharapkan, semakin tinggi nilai ibadah seseorang, maka akan semakin tinggi pula keimanannya.

  • 3. Pendidikan Mental Bermasyarakat

    Anak dibina agar bermasyarakat, tujuannya adalah supaya mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, agar anak tidak minder dan rendah diri dalam bergaul dengan teman-temannya. Dalam bermasyarakat, anak akan dihadapkan pada sikap kebenaran, baik dalam urusan jual-beli, bergaul antar sesama, juga adab kesopanan kepada orang yang lebih dewasa.

    4. Pembianaan Akhlak

    Kedatangan Rasulullah SAW. adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Yang demikian itu dikarenakan kedudukan akhlak di dalam Islam sangatlah tinggi. Bahkan, inti dari ajaran Islam adalah akhlak itu sendiri.

    5. Pembinaan Perasaan dan Kejiwaan

    Kemampuan seorang pendidik dalam menaamkan perasaan dan kejiwaan yang halus akan menjadikan anak memiliki keseimbangan dan keselarasan dalam tindakan-tindakannya sehari-hari.

    6. Pembinaan Jasmani

    Secara naluri, anak menyukai permainan yang berhubungan dengan aktifitas fisik. Allah menciptakan naluri ini agar si anak dapat tumbuh dan berkembang sehingga memiliki tubuh yang kuat.

    7. Pembinaan Intelektual

    Menanamkan kecintaan anak terhadap ilmu akan sangat bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

    8. Pembinaan Kesehatan

    Membiasakan anak untuk selalu berolahraga, menjaga kebersihan, makan – minum – tidur yang cukup. Hal ini akan membuat si anak selalu sehat dan terjauhkan dari penyakit.

Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus mengenalkan lingkungan yang baik kepada anak. Karena lingkungan yang baik akan membentuk karakter anak dengan baik pula.