Kewajiban Muslimah Menutup Aurat

banner-jilbabanak

 

Kewajiban Muslimah Menutup Aurat

Hai Bundaa..

Di era yang sudah sangat maju ini, Bunda tentu menginginkan putra-putri Bunda menjadi anak sholeh. Lalu, bagaimana ya caranya? Sedangkan saat ini keadaan moral masayarakat sangat banyak yang tidak baik. Kalau Bunda sering membaca berita, pasti tidak asing dengan kejadian-kejadian akhir-akhir ini.

Banyak sekali peristiwa yang melibatkan perempuan sebagai korban. Entah itu perzinaan, perkosaan, penjambretan, dan lain-lain. Peristiwa tersebut tidak terlepas dari moralitas masyarakat yang saat ini semakin mundur. Tidak hanya karena pelaku, ternyata yang sering terjadi adalah adanya kesempatan dan korban yang menarik bagi pelaku.

Jadi Bunda, sebaiknya kita menghindarkan diri dan keluarga kita dari kesempatan itu. Caranya sangat mudah, salah satunya sudah diperintahkan oleh Allah SWT. Cara tersebut adalah dengan menjaga aurat. Seperti yang telah diperintahlan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al A’raf yang artinya :

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu…” (QS. Al-A’raf: 26)

Juga pada Al Qur’an Surat An Nur ayat 24-31 yang artinya :

“Katakanlah kepada orang laki–laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allâh maha mengatahui apa yang mereka perbuat.” Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera–putera mereka, atau putera–putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allâh, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Menutup aurat wajib hukumnya bagi seorang muslim. Menutup aurat berbeda pembahasannya dengan perintah untuk memakai jilbab bagi seorang muslimah. Menutup aurat adalah kewajiban bagi semua umat muslim, baik perempuan maupun lelaki.

Menutup aurat harus diperkenalkan kepada anak-anak sejak mereka masih kecil. Hal ini dilakukan agar kita bisa membentuk karakter dan kebiasaan mereka agar sesuai dengan perintah Allah SWT. Bunda bisa membiasakan menutup aurat anak-anak saat di rumah maupun di tempat-tempat umum. Bunda bisa melakukannya dengan menyediakan pakaian-pakaian yang syar’i namun tetap nyaman bagi anak-anak.

JilbabAnak.com membantu Bunda dalam memberikan jilbab yang nyaman untuk anak-anak perempuan Bunda. Semoga dengan membiasakan mereka menutup aurat dan memakai jilbab sejak kecil, mereka akan tumbuh menjadi seorang muslim yang sesuai dengan harapan Bunda. Aamiin… 😀

Selain menutup aurat, Bunda juga harus mengetahui tentang batasan-batasan aurat pada seorang lelaki dan perempuan. Untuk hal ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya.