Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orangtua dan Pahalanya

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ : اَلصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ : قُلْتُ : ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : اَلْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

“Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]

Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orangtua lainnya:

Masih banyak lagi keutamaan dalam berbakti kepada kedua orangtua di antaranya: keridhaan Allah swt bergantung pada keridhlaan orang tua, berbakti kepada orang tua dapat menghilangkan kesulitan yang dialami, diluaskan rizki dan dipanjangkan umur serta akan dimasukkan ke surga-Nya. Bakti kepada orangtua dapat dicapai jika anak-anak kita memiliki akhlak yang baik. Akhlak yang baik menjadikannya seorang anak yang sholeh.

Untuk mencetak generasi anak sholeh-sholehah, peran terbesar ada di tangan kedua orangtuanya. Bagaimana orangtua mendidik, membina, dan mengajarkan akidah yang lurus dan akhlak yang baik. Pentingnya menanamkan akidah yang kuat pada anak bisa disimak disini: http://www.jilbabanak.com/blog/pentingnya-menanamkan-akidah-yang-kokoh-pada-anak. Pola pikir orangtua jelas akan sangat berpengaruh pada pola pikir anak itu sendiri.

Untuk memudahkan Bunda dalam mendidik supaya menjadi anak-anak yang sholehah, JilbabAnak.com memfasilitasi Bunda dengan menyediakan aneka jilbab anak yang lucu, modis dan syar’i. Semoga dengan mengajarkan cara berjilbab pada putri Bunda sejak kecil, ia akan menjadi anak-anak sholehah. Aamiin.