Hari Hijab Sedunia (World Hijab Day)

Hari Hijab Sedunia jatuh pada tanggal 4 September tiap tahunnya. Tahukah Bunda, sebab dari hari ini diadakan? Ternyata hari hijab sedunia ini dibentuk untuk mengenang Marwa Al Sherbini (waktu itu berumur 32 tahun) yang wafat karena ditikan oleh seorang laki-laki rasis saat sidang berlangsung. Saat itu Marwa sedang melakukan kesaksiannya menggugat laki-laki tersebut yang telah melecehkan dirinya karena memakai hijab.

Kejadian tersebut banyak menyulut kemarahan dan perhatian publik tentang kebebasan hak asasi manusia. Tiba-tiba tercetuslah opini publik di dunia maya memperingati Hari Hijab Sedunia, untuk mengenang tragedi Marwa yang disebut sebagai martir hijab. Usulan ini didengar oleh organisasi Islam dunia karena menurut Abeer Pharaon selaku Ketua Organisai Perlindungan Hijab, peristiwa Marwa bukan sebatas martir hijab (syahid) melainkan korban Islamophobia yang melanda Eropa sejak peristiwa WTC-11 September 2001.

Berdasarkan usulan tersebut, tokoh-tokoh muslim di Eropa menyelenggarakan konferensi yang dihadiri oleh organisasi-organisasi internasional, termasuk cendikiawan terkenal Sheikh Yusuf Al-Qardawi dan Prof.Tariq Ramadan di London pada Juli 2004.

Deklarasi Hari Hijab Sedunia

Dari konferensi tersebut terbentuklah Assembly for the Protection of Hijab semacam Organisasi Perlindungan Hijab serta resmi dideklarasikan  International Hijab Solidarity Day atau Hari Hijab Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 September. Hari solidaritas ini tidak hanya diusung untuk muslimah berhijab saja melainkan lebih pada esensi kebebasan hak asasi manusia.

Sejak itulah, setiap tanggal 4 September seluruh umat muslim di belahan dunia (khususnya Eropa) memperingati hari hijab sedunia.

Sumber : http://lannynurani.blogspot.com/2012/09/hari-hijab-sedunia.html#sthash.eMtyyF4s.dpuf

Kita patut bersyukur Bunda, tinggal di Indonesia dengan ragam budayanya. Masih sangat nyaman untuk mengenakan jilbab. Tidak was-was dan takut untuk melaksanakan syariat Islam. Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan hal tersebut dengan melaksanakan perintah Allah dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan mengimplemenasikannya kepada keluarga kita, contohnya kepada putri kita. Sebaiknya memberikan mereka pendidikan tentang jilbab semenjak usia mereka masih dini.

Kami JilbabAnak.com membantu Bunda untuk mendidik anak-anak perempuan dalam berjilbab. Yaitu, dengan menyediakan aneka kreasi jilbab anak yang lucu dan nyaman. Bunda bisa melihat koleksi lengkap kami disini. :)