Cara Mudah Membuat MPASI Sendiri

Hai Bunda..

Sejak lahir, makanan utama bayi adalah air susu ibu (ASI). Saat ini pemerintah sedang gencar mengkamapanyekan tentang ASIX atau ASI eksklusif. Maksudnya, selama 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan, ASI adalah makanan utama bayi tanpa tambahan lain apapun, bahkan air putih sekalipun.

MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Selain ASI, bayi perlu mendapat gizi seimbang dari makanan pendampingnya (MPASI). Tentu Bunda bisa memberikannya setelah bayi berusia lebih dari enam bulan atau sudah lulus ASIX. Seiring dengan pertumbuhannya, ia memerlukan gizi yang lengkap serta nutrisi seimbang untuk  perkembangan otak dan tubuhnya.

Untuk balita, pada masa pertumbuhannya memerlukan tambahan nutrisi. Selain dari ASI, tambahan nutrisi ini juga diperoleh dari makanan yang dikonsumsi balita. Asupan makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kecerdasan, kesehatan, dan proses tumbuh kembang si kecil.

Dalam mempersiapkan MPASI atau makanan untuk balita, yang harus diperhatikan adalah komposisi gizi. Berbagai manfaat gizi, baik untuk pertumbuhan bayi dan balita. Misalnya, beras merah mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak.

Berikut ini adalah beberapa contoh resep MPASI untuk anak usia 6 sampai 12 bulan. Untuk kekentalan dan tekstur makanan, Bunda bisa menyesuaikan dengan kemampuan makan si kecil.

Bubur Susu Kentang

Bahan : 1 butir kentang rebus, 100 ml susu formula atau ASIP, 75 ml air matang, 1 sendok teh tepung beras halus.

Cara Membuat :

  • – Kupas kentang rebus, haluskan. Campur dengan susu dan air matang. Aduk sampai tercampur rata.
  • – Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai bubur matang dan kental. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk kecil.
  • – Biarkan sebentar sampai uap panasnya hilang. Sajikan.

Informasi gizi : kentang adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi, pembentukan sel darah merah dan saraf pusat. Sementara itu, protein dalam susu berperan dalam pertumbuhan dan kesehatan anak.

Nasi Tim Sayuran

Bahan : 4 sendok makan beras, 400 ml kaldu ayam, 40 gram wortel – iris dadu kecil, 6 buah bunci muda – iris halus, cincang setengah suing bawang putih, 1 sendok makan irisan daun bawang.

  • Cara Membuat :

  • – Didihkan kaldu ayam. Masukkan semua bahan sambil diaduk-aduk hingga air terserap habis. Angkat.
  • – Tuang nasi ke dalam panci tim. Masak selama 30 menit atau sampai tekstur nasi lunak dan matang. Angkat.
  • – Masukkan nasi tim ke dalam mangkuk saji. Hidangkan segera.

Informasi gizi : alisin merupakan senyawa penting pada bawang putih. Senyawa inilah yang menimbulkan bau khas menyengat pada bawang putih. Alisin sangat bermanfaat sebagai antioksidan dan atibiotik yang ampuh untuk menangkal penyakit.

Sumber : Super Komplit Menu Bayi dan Balita