Cara Merawat Mukena Agar Tetap Awet

banner12

Cara Merawat Mukena Agar Tetap Awet

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Katakanlah 90% dari 250 juta penduduk Indonesia adalah muslim, makan ada kurang lebih 225 juta muslim. Katakanlah 50%-nya adalah wanita, jadi ada 112,5 wanita muslim. Katakanlah wanita yang sudah baligh dan sudah wajib sholat ada 75 juta orang. Padalah setiap orang tidak mungkin hanya punya satu mukena saja, paling tidak punya dua atau tiga mukena bahkan bisa lebih dari itu.

Bisa dihitung sendiri berapa kebutuhan mukena di dalam negri saja. Ratusan juta mukena! Pemakaiannya pun 5 kali sehari, sehingga life time mukena juga pastinya hanya beberapa tahun saja. Dengan demand/ permintaan yang tinggi bisa dikatakan pelaku bisnis mukena akan ada terus dan selalu meningkat. Wow, sebuah peluang bisnis grosir mukena yang menggiurkan bukan?

Tapi disini kita akan memberikan tips-tips tentang bagaimana merawat mukena agar tetap awet dan tahan lama, nyaman digunakan di setiap sholat. Nyaman buat diri sendiri, juga nyaman buat orang lain. Yuk simak penjelasan bagaimana cara merawat mukena di sini:

  1. 1. Ada harga ada kualitas

Ada lho harga mukena yang cuma 20rb-an. Enteng dan transparan dari bahan parasit. Bisa di lipat sangat kecil dan disimpan di saku atau tas kecil. Tapi rata-rata mukena murah seperti itu tidak memiliki bahan dan jahitan yang bagus. Ketahanannya kurang, beberapa kali cucian jahitannya sudah ‘mbredel’. Kalo kata orang Jawa: “ono rego ono rupo”. Ini berlaku untuk banyak hal, tidak Cuma mukena saja. Dan kalo digunakan untuk sholat apa nyaman, ‘lha wong’ transparan gitu. Kaya pakai jas hujan saja, hehe..

Kami sarankan untuk memiliki mukena yang lebih baik. Tidak harus mahal sampai jutaan. Tapi menurut pengalaman, harga mukena diantara range 100ribu – 300ribu sudah  mempunyai kualitas yang cukup baik dan kamu bisa beribadah dengan nyaman. So, paling tidak sisihkan sedikit untuk yang lebih awet, bukan?

  1. 2. Kenali tipe kain bahan mukena

Saat akan membeli mukena kamu harus tahu mukena ini bahannya dari apa. Kain katun, tipe mukena bali, atau tipe mukena kaos. Karena dari sini, selanjutnya kamu bisa tahu gimana cara merawatnya. Kenyamanan dari tiap-tiap bahan juga berbeda. Ada yang bahannya lemes banget dan jatuh. Agak tebal dan kaku, dll.

  1. 3. Pisahkan saat mencuci, terutama mukena putih

Tips buat kamu yang suka bruk mencuci jadi satu. Terutama untuk mukena warna putih lebih baik pisahkan saat mencuci. Luangkan waktu sedikit lebih ekstra, tapi akan menghindari mukena dari kelunturan warna lain saat mencuci. Bisa juga kamu tambahkan pembersih khusus untuk baju putih, tapi hati-hati jangan banyak-banyak karena bisa merusak kain. Jangan lupa, mencuci mukena rutin, biar gak apek, kasian kalo sholat jamaah bisa mengganggu jamaah sebelahnya kan? Jadi kalo mukena putih sudah pudar banget, apalagi warnanya nano-nano jadi aneh dong?

  1. 4. Simpan di tempat aman & tidak lembab

Penyimpanan mukena juga menjadi satu hal penting lho dalam menjaga keawetan mukena. Jangan ditarus tepat di bawah AC, jangan ditaruh di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Hindarkan tempat yang lembab dan dekat dengan sumber air agar terhindar dari timbulnya jamur di kain mukena. Serangga/ semut bisa menjadikannya rumah, terutama untuk mukena yang jarang dicuci dan jarang digunakan. Oleh karena itu, jangan lupa pakai pewangi saat mencuci agar serangga tidak mendekat.

  1. 5. Sediakan back up mukena

Ini penting. Saat mukena yang satu sedang dipakai, paling tidak ada mukena satu lagi di lemari yang bersih dan siap pakai. Jadi kalo tiba-tiba mukena kamu kena najis atau ada sebab lainnya yang membuatnya tidak bisa dipakai, maka back up mukena langsung bisa dipakai dan sholat langsung ditegakkan tanpa perlu ditunda-tunda lagi. Kasus lain jika ada sodara atau teman yang lagi main ke rumah dan ingin sholat di rumahmu, paling tidak kamu tidak kasih mereka mukena yang apek, hehehe..

  1. 6. Beli di tempat terpercaya

Saat ini bentuk dan ragam mukena sangat banyak sekali. Jika dahulu mukena identik dengan warna putih, sekarang tidak lagi. Bahkan banyak mukena warna-warni dengan desain yang anti mainstream dan banyak hiasannya. Mukena branded tentunya dengan harga yang sedikit mahal tetapi kualitas terjamin. Maka sebaiknya kita membeli mukena di tempat yang terpercaya. Awet, nyaman dan kualitas oke.

Mukena Anak Lucu

Jangan salah, anak balita pun sekarang butuh mukena. Kenapa? Karena sangat penting melatih anak sholat sejak usia dini. Maka ketika dewasa nanti tidak perlu disuruh-suruh lagi. Sudah auto, kapan waktunya sholat ya terus sholat. Karena anak adalah investasi orangtuanya. Siapa lagi yang akan mendoakan kita nanti jika bukan anak kita sendiri? Agar anak lebih termotivasi maka dibuatlah mukena anak lucu dan menarik. Warna-warna yang cerah. Karakter kartun yang anak suka dan bikin anak sholat dengan tidak terpaksa. Karena dunia anak adalah dunia bermain. Kamu bisa cek koleksinya yang lucu-lucu di toko online jilbab anak dan mukena anak disini: JilbabAnak.com