Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan. Sebagai bunda baru, tentu ada banyak hal yang perlu bunda pikirkan setelah melahirkan. Mulai dari kapan harus menyusui, apa yang harus dilakukan untuk si kecil, serta bagaimana cara menurunkan berat badan yang bertambah selama kehamilan.

Meskipun bunda ingin secepatnya kembali ke bentuk badan semula seperti sebelum hamil, namun hendaknya hal ini harus dilakukan dengan sabar. Bunda mengalami penambahan berat badan selama 9 bulan.

Jadi, paling tidak sebaiknya diperlukan waktu yang sama untuk mengembalikan berat badan.

Beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk menrunkan berat badan antara lain :

Olahraga

Membakar kalori bisa bunda lakukan dengan cara merawat dan menyusui si kecil. Pembakaran kalori ini akan lebih efektif jika dipadukan dengan senam aerobik dan latihan kekuatan setelah melahirkan.

Hal ini juga berguna untuk menjaga kekuatan otot serta tulang. Olahraga juga memiliki manfaat lain, yaitu : membantu mengatasi depresi, gangguan tidur dan meredakan stress.

Bunda bisa memilih olahraga yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Misalnya, bunda bisa jalan kaki, bersepeda santai, berenang (setelah selesai masa nifas), senam ringan, atau menyelesaikan pekerjaan sehari-hari secara mandiri.

Dengan aktif bergerak, kalori dalam tubuh akan banyak yang terbakar. Rata-rata seorang wanita menghabiskan 2000 kalori untuk menyelesaikan tugas rumah tangganya.

Senam Kegel

Latihan kegel membantu menguatkan otot-otot yang mengatur air kencing, uterus dan kantung kemih. Latihan ini direkomendasikan bagi bunda yang baru melahirkan untuk membantu mengembalikan atau menyembuhkan jaringan perineal, menguatkan otot pelvik dasar, dan mendorong otot kembali pada kondisi sehat sekaligus menguatkan kontrol urine.

Untuk melakukannya, bayangkan bunda sedang mencoba untuk menahan kencing atau menahan gas perut yang sudah ingin keluar. Ketika melakukan hal ini, ibu sedang melatih otot pelvis. Ketika melakukannya, usahakan untuk tidak menggerakkan kaki, otot bokong atau otot perut.

Bunda bisa melakukan senam kegel dimanapun karena tidak ada orang lain yang menyadari saat bunda melakukannya. Direkomendasikan untuk melakukan senam kegel sebanyak 5 set setiap harinya.

Setiap kali bunda sedang mengontraksikan otot pelvis, tahan dan hitung sampai 5 hitungan, baru lepas. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali untu setiap 1 set latihan kegel.

Senam Nifas Pasca Melahirkan

Minimal 6 jam atau sehari setelah melahirkan, bunda akan dipandu untuk melakukan senam nifas. Dengan catatan, tidak ada komplikasi saat proses melahirkan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai senam nifas ini, Bunda bisa menantikan artikel selanjutnya.

Tunggu ya.. :)

Sumber: Panduan Terlengkap Pasca Melahirkan