Cara Membuat Usaha Bisnis Kaos Distro di Jogja

contoh kaos distro

Cara Memulai dan Membuat Usaha Bisnis Kaos Distro di Jogja

Hai bro dan sista, yuk belajar bareng-bareng cara membuat kaos distro dan cara memulai usaha kaos distro. Saat ini setiap anak muda paling tidak punya 1 kaos distro, ya gak? Kalau dulu kaos masih didominasi oleh merk-merk semacam C59, Dagadu dan Joger, sekarang tidak lagi. Karena hampir semua orang sudah bisa membuat kaos sendiri dengan desain yang tidak kalah keren, banyak anak muda sekarang sudah memasarkan kaos distro sendiri. Bisnis online kaos distro profitnya lumayan lho, apalagi masih bisa disambi kuliah.

Sebelum langsung cusss masuk ke usaha kaos distro, paling tidak kamu harus tahu ilmu-ilmunya dulu. Cara dapetin bahannya dimana. Cara brandingnya gimana. Kalo kamu tinggal di Jogja, artikel ini pasti membantu kamu dalam memulai usaha kaos distro. Berikut step-stepnya yang harus kamu tahu:

1. Cara menentukan desain dan branding sendiri

Jika kamu jago desain sendiri, punya kemampuan handal bermain-main dengan Corel Draw dan Photoshop serta intuisi desain yang mumpuni maka kamu bisa mendesain sendiri karyamu. Keuntungan dengan membuat desain sendiri otomatis biaya produksi menjadi lebih murah. Ingat, desain harus yang orisinil jangan suka plagiat orang agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Jika kamu tidak bisa desain sendiri, solusinya:

a. Buat lelang desain kaos distro dan branding kamu (logo, kemasan, banner, dll) di Sribu.com (Sribu.com adalah situs kontes desain lokal)

b. Buat lelang desain kaos distro dan branding kamu di 99designs.com (kontes desain luar negri)

2. Mencari toko bahan kaos berkualitas

Kaos distro tapi kualitas kaos asal-asalan gak lucu dong? Oleh karena itu paling tidak kualitas kaos setara dengan merk-merk ternama yang sudah ada. Jangan lupa, perkaya pengetahuan kamu tentang bahan kaos agar kamu tidak tertipu saat beli bahan kaos. Misal apa yang dimaksud dengan cotton combed dan cotton carded. Seller bilangnya cotton combed KW padahal sebenarnya cotton cardet. Apa itu gramasi kaos: 20s, 24s, 30s dan 40s.

Kalo kamu di Jogja, kamu bisa mendapatkan bahan kaos yang berkualitas di:

a. Mulia Laksana – websitenya www.tokobahankaos.com

Alamat: Jl.HOS Cokroaminoto no. 136 kav 3 Yogyakarta

Telp: 0274-587584 – 0274-552101 – 0274-554096, Hotline : 0877-3936-6644

Jika dilihat dari websitenya costumernya adalah merk-merk kaos terkenal, semisal Dagadu Djokdja, Greenk Tshirt, Jogist Kaos, dll.

b. Ngasem Baru – websitenya www.ngasembaru.com

Alamat: Jl Mayjend Sutoyo 35 Yogyakarta, plengkung Gading ke timur 100m utara jalan.

Telp: 0812-2650-0555 dan 0812-2650-9666

kursus sablon kaos distro

kursus sablon kaos distro. foto: margokaos.com

3. Mencari penjahit & tukang sablon dengan spesifikasi kaos distro

Sebelum kaos kamu serahkan ke penjahit, kamu harus tahu jahitan spesifikasi distro. Apa itu jahit rantai, dll. Jahitan juga harus rapi dan konsisten. Bagian leher juga harus menggunakan rib yang berkualitas. Ditambah obras yang bagus.

Begitu juga dengan sablon, kamu perlu tahu merk sablon yang baik dan biasa digunakan untuk bisnis kaos distro. Seperti misalnya merk Matsui, dll. Rata-rata bahan sablon ber-merk memiliki kualitas yang baik, tidak mudah retak dan luntur. Malu dong kaos distro tapi dengan kualitas sablon yang ecek-ecek?

Kalo kamu belum nemu penjahit berkualitas sekaligus sablon kamu bisa datang ke tempat pembuatas kaos plus sablonnya. Kamu cukup hanya titip label kaos saja. Tempat bikin kaos di Jogja yang lumayan dikenal diantaranya:

a. Inteeshirt – websitenya inteeshirt.com

Alamat: Jl. Kapten Piere Tendean, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55252
Telp: (0274) 380090

b. Margo Kaos – websitenya margokaos.com

Alamat: Jalan Sorosutan No. 29, depan Gedung Serba Guna (eks. Balai RK Sorosutan) Kel. Sorosutan, Kec. Umbulhardjo, Yogyakarta

Telp: 085878569944

Disini bahkan kamu bisa melakukan kursus sablon dan buat kaos distro.

label-baju-kaos-hafiza

Label Brand Jilbab Anak HAFIZA – JilbabAnak.com

4. Membuat label kaos dan kemasan produk

Label kaos adalah yang bikis kaos jadi beda dengan yang lain dan mahal. Bikin kaos jadi unik dan eksklusif. Contoh foto label di atas adalah label brand jilbab anak kami: HAFIZA by JilbabAnak.com. Kenapa Apple yang harganya mahal tetapi tetap banyak orang yang beli produknya? Karena Apple memiliki brand yang sangat kuat. Orang akan loyal dengan brand yang kuat.

Membuat label kaos distro disarankan dengan bahan woven. Untuk bikin label kaos di Jogja kamu bisa buat di:

a. Labelindo

Alamat: JL. Magelang, Km. 14, Caturharjo, 55515, Kec. Sleman

Telp: (0274) 868381

b. Atau kamu bisa pesan online di LabelBaju.com

Untuk mendapatkan plastik kaos kamu bisa beli di toko plastik Yobel, pojok perempatan Dongkelan – sebelah selatan-timur. Jika kamu pengen lebih eksklusif lagi, kamu bisa buat tas kertas untuk distro kaos kamu di Yogyakartas.com 

Wow, sekarang brand bisnis kaos distro kamu sudah layak jual!

5. Pemasaran – Offline dan Online

Kamu bisa memasarkan di Sunday Morning UGM Jogja, anak muda/mahasiswa setiap minggu pagi tumpek blek disana. Atau kamu bisa bangun website sendiri atau lewat marketplace semacam Tokopedia dan Bukalapak.

Oke sekian dulu ya bro dan sista, semoga artikel ini membantu kamu yang ingin memulai usaha bisnis kaos distro di Jogja. Paling tidak sekarang kamu sudah ada gambaran. Semoga kami bisa melanjutkan artikel informatif lainnya.

Atau jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa share ke media sosial kamu agar teman-temanmu terbantu.

Baca juga: Alasan Kenapa PNS Jogja Harusnya Belajar dari Mereka