Cara Melatih Stimulus Panca Indera Anak

banner-jilbabanak

Hai Bundaa…

Anak adalah anugerah yang terindah dari Allah SWT. Kita sebagai orangtua, perlu mengajar dan mendidik putra-putri kita agar menjadi generasi yang unggul. Stimulasi yang dilakukan sejak dini dapat meningkatkan potensi atau kemampuan sistem pancaindera sang anak. Stimulus atau rangsangan yang tepat akan mengembangkan fungsi pancaindera menjadi lebih baik.

Nah Bunda, kali ini kita akan menjelaskan beberapa stimulus yang bisa Bunda lakukan sendiri  untuk si kecil. Stimulus ini sangat berguna bagi perkembangan pancaindera si kecil. Bunda bisa mempraktekkannya sembari menyusui si kecil loh… Kita Simak Yuk Cara Melatih Stimulus Panca Indera Anak…

1. Penglihatan

Bunda bisa menatap wajah si kecil saat menyusui, sehingga ia bisa menatap wajah Bunda.

2. Pendengaran

Bunda bisa mengucapkan kata-kata positif dengan nada lembut di telinga si kecil atau bersenandung saat memberinya ASI. Jangan lupa juga Bunda bacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an untuk si kecil.

3. Penciuman

Si kecil bisa mengenal aroma tubuh Bunda saat ia menyusu.

4. Pengecap

Pemberian MPASI yang beragam dapat merangsang indera pengecap si kecil.

5. Perasa/peraba

Bunda bisa menyentuh kulit bayi sesering mungkin untuk menstimulasi ujung saraf perabanya. Atau, bisa juga sengan memijat bayi seusai ia mandi atau sebelum tidur.

Sejak di dalam perut, bayi juga perlu diberikan stimulasi loh Bunda… Hal ini ternyata sangat penting untuk dilakukan. Dengan stimulasi ini, sel-sel otak si janin akan meningkat. Yang artinya, akan meningkatkan perkembangan si janin di dalam perut Bunda. Lalu, apa yang bisa Bunda lakukan?

Cara Melatih Stimulus Panca Indera Anak : Trimester 1

Janin memerlukan asupan gizi yang berimbang. Mengkonsumsi makanan sehat yang membuat Bunda “happy” merupakan stimulus positif bagi si janin.

Cara Melatih Stimulus Panca Indera Anak : Trimester 2

Janin sudah mulai mampu untuk mendengar dan menendang. Bunda bisa mengajaknya untuk ‘ngobrol’ dan ‘bermain’. Sering mengajak ‘ngobrol’ sejak si bayi masih di di dalam perut, membuat bonding yang kuat antara Bunda dan si kecil. Bunda bisa juga menekan dengan lembut perut Bunda untuk mengajaknya “bermain”.

Cara Melatih Stimulus Panca Indera Anak : Trimester 3

Janin sudah bisa membuka mata dan bereaksi terhadap cahaya. Bunda bisa mengajaknya bermain menggunakan senter untuk menstimulasi penglihatannya. Biasanya sang janin akan bereaksi dengan menggeliat atau bahkan menendang perut Bunda.

Mudah ya Bunda… Stimulus ini perlu Bunda lakukan agar perkembangan si kecil dapat optimal. Semoga Bunda dan si kecil selalu sehat… :)

  • Sumber :
  • ayahbunda.co.id