Bahaya, Ciri-ciri & Pencegahan Kanker Serviks

banner-jilbabanak

Hai Bundaaa..

Pasti Bunda sudah sering mendengar tentang kanker serviks. Nah, kali ini kita akan membahas tentang kanker yang sangat berbahaya ini. Eits.. Tetapi jangan cemas dulu Bunda.. Ini bukan iklan tentang obat herbal ataupun kristal-kristal yang sering ditawarkan itu lho.. hihihi… Saya yakin, tidak sedikit Bunda yang sedang mencari informasi tentang hal ini, tetapi akhirnya menjurus pada iklan-iklan tertentu. Tenang Bunda.. Kali ini kita hanya murni membahas tentang kanker serviks ini. Langsung saja, kita mulai yuk…

Ciri-Ciri

Kanker serviks disebut juga sebahai kanker mulut rahim. Kanker ini merupakan salah satu penyakit kanker yang paling ditakuti oleh kaum perempuan. Dari data WHO, tercatat bahwa setiap tahunnya terdapat ribuan perempuan yang meninggal akibat kanker serviks ini.

Kanker ini menyerang pada bagian leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim atau bagian sempit yang ada di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim. Human papilloma virus atau dikenal dengan HPV merupakan penyebab dari kanker serviks. Kebanyakan penyebab kematian pada kaum perempuan disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar melalui media cairan dan juga sentuhan kulit. Kebiasaan hidup yang kurang baik juga dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit ini, seperti : kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin (terutama vitamin C dan vitamin E) serta asam folat, seringnya melakukan hubungan intim berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (kurang dari 16 tahun). Selain itu, faktor lainnya adalah terdapat keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama dan juga terlalu sering melahirkan.

Kanker serviks dimulai saat sel sehat bermutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Perubahan ni membutuhkan waktu antara 10 sampai 20 tahun. Pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan tes pap smear setidaknya dua tahun sekali, melakukan tes IVA (inspeksi visual dengan asam asetat), dan lan-lain.

Berikut ini adalah ciri-ciri perempuan yang menderita kanker serviks :

  • 1. Pendarahan abnormal pada vagina. Misalnya, terjadi pendarahan saat berhubungan intim, bercak diantara periode menstruasi, dan lain-lain.
  • 2. Keputihan yang tidak biasa dan sering.
  • 3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul.
  • 4. Nyeri saat berhubungan intim.
  • 5. Mengalami kesakitan saat buang air kecil dan sering kencing padahal tidak hamil.
  • 6. Ketika seorang perempuan mengalami kanker rahim stadium lanjut, ia akan merasakan sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami pembengkakan, nafsu makan sangat berkurang, berat badan tidak stabil susah buang air kecil, dan juga terjadi perdarahan spontan.

Nah, Bunda… berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks.

Pencegahan Kanker Serviks

Kita simak yuk…

  1. 1. Pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yan gcukup nutrisi dan bergisi.
  2. 2. Menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi llngkungan.
  3. 3. Bersihkan bagian genital dengan air yang bersih.
  4. 4. Hentikan kebiasaan merokok.
  5. 5. Hindari hubungan intim pada usia dini.
  6. 6. Tidak berganti-ganti pasangan apalagi diikuti dengan hubungan intim.
  7. 7. Lakukan pemeriksaan pap smear minimal dua tahun sekali, khususnya bagi perempuan yang sudah aktif melakukan hubungan intim.
  8. 8. Vaksinasi HPV bisa menjadi pilihan jika belum pernah melakukan hubungan intim.
  9. 9. Memperbanyak konsumsi sayuran yang mengandung beta karoten, vitamin C dan vitamin E.

Pencegahan kanker serviks akan lebih mudah dilakukan daripada mengbatinya. Akan tetapi, jika ternyata Bunda sudah terdeteksi mengidap kanker serviks, maka terdapat beberapa metode pengobatan yang dapat dilakkukan. Kanker serviks stadium awal diobati dengan cara pembedahan, baik pembedahan laser, listrik atau dengan cara pembekuan dan mmebuang jaringan kanker serviks (cryosurgery).

Untuk stadium lanjut, dilakukan kemoterapi dan radioterapi. Tetapi jika sudah cukup parah pengangkatan rahim (histerektomi) secara menyeluruh dilakukan agar kanker tidak berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh.

Jadi Bunda, kita harus benar-benar menjaga kesehatan demi keluarga kita. Semoga kita terhindar dari segala penyakit dan diberikan selalu kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin… 😀

  • Sumber :
  • bidanku.com
  • kankerrahim.web.id