Apa Perbedaan: Jilbab, Khimar dan Hijab?

Menutup aurat adalah kewajiban setiap muslimah.

Kewajiban ini ditetapkan Allah dalam Al Qur’an:

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri  orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka  lebih mudah untuk dikenal,karena  itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”. (QS Al Ahzab: 59)

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS Al-A’raf: 26)

“Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.  Dan hendaklah mereka menutupkan khimar (kain kerudung) ke dadanya…”  (QS An Nur: 31)

Lalu, Apa Perbedaan: Jilbab, Khimar dan Hijab?

Jilbab, banyak yang beranggapan jilbab itu adalah penutup kepala atau sering juga disebut kerudung. Tetapi arti sebenarnya jilbab adalah kain mengulur yang menutupi seluruh tubuh dari atas hingga mata kaki. Syaratnya tidak ketat, artinya tidak membentuk lekukan tubuh dan tidak pula berbayang atau transparan yang kebanyakan orang menyebutnya dengan gamis atau jubah.

Khimar adalah penutup aurat bagian atas hingga menutup dada. Tentu syaratnya tidak tipis dan tidak transparan atau berbayang.

Hijab artinya penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung/ jilbab yang digunakan oleh wanita muslim. Dan hijab syar’i yang sesuai dengan Al Qur’an bagi wanita adalah gabungan antara jilbab dan khimar yang telah dijelaskan sebelumnya.

(dari berbagai sumber)

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara jilbab, khimar dan hijab. Apapun yang kita pakai, hendaknya sesuai dengan ketentuan yang telah Allah tetapkan. Tidak hanya bersudut pandang pada fashion yang bersifat duniawi semata.

Jika Bunda menginginkan anak sholehah, mulailah membiasakan anak-anak untuk memakai jilbab sejak usia dini. Karena akan lebih mudah menanamkan pemahaman kepada anak-anak ketika ia masih kecil. Bunda bisa mengunjungi galeri JilbabAnak.com untuk memilih jilbab anak yang cocok untuk anak Bunda. Silahkan menghubungi CS kami untuk keterangan lebih lengkap.

Terima kasih. :)