IMD – Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

IMD

2 Indonesia

Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Selamat atas kedatangan si kecil Bunda…

Masa-masa pertama kehidupan seorang bayi sangat bergantung pada bunda dan orang-orang terdekat di sekitarnya. Segera setelah ia dilahirkan, punggungnya ditepuk-tepuk agar tangisan pertamanya keluar, dengan tujuan agar paru-parunya teruka dan ciran yang dihisap bayi saat dilahirkan bisa keluar.

Dokter akan membantu mengeluarkan cairan atau lender amnion dari mulut dan hidung bayi. Perlakuan ini dilakukan untuk memastikan kedua luabang hidung bayi terbuka dan ia bisa bernafas.

Bayi yang baru lahir akan menjalalni serangkaian perlakuan, antara lain; pencarian air susu ibu melalui program inisiasi menyusui dini (IMD) dan tes kesehatan secara keseluruhan.

Pilih Rumah Sakit/ Klinik yang Mendukung IMD

Bunda bisa memilih rumah sakit yang menyelenggarakan program inisiasi menyusui dini (IMD). Inisiasi Menyusui Dini merupakan program yang sedang gencar dianjurkan oleh pemerintah. Inisiasi Menyusui Dini sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian ASI eksklusif dan lamanya bayi menyusu.

Dengan demikian, bayi akan terpenuhi kebutuhannya hingga anak berusia 2 tahun, dan mencegah terjadinya kekurangan gizi pada anak.